PANDUAN MEMBELI HOSTING DAN DOMAIN

Setelah Anda membaca dan memahami kelebihan dan kemudahan membuat web atau blog dengan wordpress, waktunya kita untuk menentukan lokasi yang strategis untuk website jaringan yang akan Anda buat nantinya. Yaitu memilih tempat pembelian webhosting sebagai lahan yang aman dan memilih domain sebagai alamat yang strategis. Namun sebelum itu, alangkah lebih baiknya kalau Anda mengenal lebih dalam apa itu web hosting dan doamin.


 A. Apa Itu WebHosting?

Web Hosting adalah tempat penyimpanan file, baik itu berupa tulisan, gambar, script dll. yang biasanya hosting itu disewa dan jangka sewanya biasanya dihitung per bulan, atau pertahun.

Kalau Menurut Wikipedia adalah sebagai berikut:


Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.

Ok, dari penjelasan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya web hosting bisa kita lakukan dengan komputer sendiri asal nyambung ke internet kan? Benar! Kalo gitu kenapa banyak orang yang tetep make jasa hosting yang terkadang mesti bayar mahal? Soalnya pada akhirnya dengan hosting make komputer sendiri, ujung-ujungnya malah akan lebih mahal. Supaya komputer bisa dipake buat sebagai server, komputer tersebut harus mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi dan harus selalu online. Kebayang kalo komputer server itu speknya cupu, bisa-bisa buat buka halaman yang biasa aja sampe bermenit-menit.

Nah dengan menggunakan jasa web hosting yang tersebar banyak di internet, biaya yang kita keluarkan akan lebih murah daripada membeli server sendiri dan kita juga tidak perlu repot untuk merawat server kita. Penyedia jasa web hosting memiliki perlengkapan hardware, software, bandwidth, dan servis teknis yang kita butuhkan tanpa perlu kita lakukan sendiri.

B. Apa Itu Domain?

Domain adalah suatu nama berformat huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan  seterusnya)  serta  simbol  (-)untuk  menamai  alamat  url  website  untuk mengidenfitikasi  sebagai  pengganti  format  deretan  angka  alamat  IP  client  server  hosting tempat file website diletakkan.

Contoh : misal alamat IP server tempat file web kita disimpan adalah 77.165.90.89 sebenarnya kita bisa saja mengetikkan 77.165.90.89 langsung di browser untuk mengakses website kita, namun hal ini tentunya sangat tidak baik bagi ingatan orang khususnya ingatan pengunjung website yang mengakses website kita. Sehingga fungsi domain lebih untuk mudahkan orang mengingat sebuah nama url dibanding deretan deretan angka IP. Untuk itu diperlukan domain guna mengganti deretan angka tersebut agar menjadi deretan kata yang tentunya gampang diingat. misal: namadomain.com akan lebih mudah diingat ketimbang angka
218.719.51.617


Pengertian Domain menurut wikipedia :
  
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka  yang  rumit  yang  dikenal  sebagai  IP  address.  Nama  domain  ini juga  dikenal  sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

C. Membeli Webhosting dan Domin

Sekarang Anda sudah tahu apa itu domain dan apa itu webhosting, begitu penting peranan webhosting dan damain untuk website Anda. Domain dapat diibaratkan dengan sebuah toko, dan  webhosting  adalah  lahannya.  maka  pilihlah  toko  yang  tempatnya  strategis,  sering dikunjungi pelanggan, dan mudah diingat, aman, bebas banjir, anti gempa, jarang macet, Dll. Begitu  juga  dengan  webhosting  dan  domain,  pilihlah  nama  domain  yang  bagus,  keren, premium, mudah diingat, dan terlihat meyakinkan dimata para calon pelanggan Anda, sehingga mereka  yakin  dengan  keprofesionalan  website  Anda.  Belilah  hosting ditempat  yang  aman,
cepat, server stabil, terapercaya, dan support 24 jam.

1.  Jagoan Hosting
Jagoan hosting merupakan salah satu website penyedia layanan hosting dan domain yang sangat saya rekomendasikan buat Anda. Servernya besar sehingga web Anda juga akan mudah untuk dibuka
(loadingnya cepat). Selain itu, Jagoan Hosting juga memiliki Custuimer                              Service Chat Online 24 Jam yang siap membantu anda ketika anda mengalami kesulitan atau masalah dengan website Anda.

Untuk membeli hosting dan domain di jagoan hosting, silahkan kunjungi link berikut ini. http://www.jagoanhosting.com/3336.html. disana Anda akan mendapatkan beberapa pilihan paket webhosting yang beraneka ragam, sesuai dengan kebutuhan Anda. Beli lah paket web hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Perhatikan semua spesifikasi hosting yang akan Anda beli, mulai dari Bandwidth, Disk Space, Sub Domain, Add On Domain, Support PHP, database, dll.

Jika Anda sudah punya hosting, maka cukup beli domain saja, sebaliknya jika Anda sudah punya domain, maka beli hosting saja, namun jika Anda ingin membeli dua-duanya, Beli lah Hosting sekaligus domain di tempat yang sama, supaya nanti settingnya mudah.


2.  Niaga Hoster
Niaga Hoster juga salah satu website penyedia layanan hosting dan domain yang sangat saya
rekomendasikan  buat  Anda.  Servernya  besar  sehingga  web  Anda  juga  akan  mudah  untuk dibuka (loadingnya cepat). Selain itu, Jagoan Hosting juga memiliki Custuimer Service Chat Online  24  Jam  yang  siap  membantu  anda  ketika  anda  mengalami  kesulitan  atau  masalah dengan website Anda.

Silahkan kunjungi http://www.niagahoster.co.id/ref/1329 untuk melihat dan membandingkannya dengan jagoan hosting.

  
D. Tips Menghemat Biaya Hosting Sedikit  tips  untuk  Anda  jika  Anda  ingin  memiliki sebuah website yang “keren”, yaitu website dengan
domain premium tanpa permu membeli webhosting.

Bagaimana caraya?


Orderlah  hosting  gratis yang  disediakan  oleh  id  hostinger,  walaupun gratis,  tapi  servernya cukup  oke,  dan  cepat.  Disk  space  mencapa  2000  mb,  atau  2  gb,  sangat  cukup  untuk menampung seluruh file bisnis Anda.

Hemat Bukan? Anda cukup beli domain tanpa hosting, kemudian Anda tautkan ke name server milik  id  hostinger,  maka  anda  sudah  meliliki  website  premium  dengan  biaya  yang  sangat murah.


Fasilitas webhosting gratis yang diberikan id hostinger berlaku selamanya, Namun kelemahan dari   fasilitas   ini   adalah   anda   harus   mendapatkan   pengunjung   sekurang-kurangnya   4 pengunjung setiap bulan, atau 1 pengunjung setiap minggunya. Jika tidak, maka akun hosting Anda akan dinonaktifkan oleh Id Hostinger.

About The Writer

Mitra Website

Studio Advertising Entertainment.

Related Posts